Thursday, January 17, 2013

Buka Tabungan Reksadana

Pas banget tgl 2 Januari kemaren, kantor masih ngasih gratisan libur.. :p
Akhirnya gw paksa buat nyempet2in ke Bank Commonwealth, buat buka reksadana.
Pas nyampe lagi sepi tuh cs nya, nunggu bentar, langsung dilayanin. Trus curhat deh tuh, mau ngapain gw kesana. hehe..
Disana gw disuruh buka tabungannya dulu, min setoran awal 500ribu. Pas udah buka tabungannya, gw dapet buku tabungan, atm, token, sama voucher MAP senilai 50rb (mayann..)
Setelah itu CS nya ngasih banyak banget lembaran yang mesti diisi dan di tanda tangan *macamArtis* haha..
Trus gw jg disuruh isi semacam kuisioner gitu tentang profil resiko yang ada di diri gw. Dan gw tergolong 1 level dibawah investor agresif. :p Klo ga salah artinya itu gw gak akan jual buru2 klo lagi turun, dan menginginkan return yang besarr.. :)) *cmiiw*



Nah..abis pembukaan tabungan selesai, gw diajuin ketemu sama personal banker. Disitu gw ditanya TUJUAN AWAL nya gw mau beli reksadana saham apa? Trus gw ceritain lah tujuan dan harapan gw dari investasi gw itu. Si marketingnya trus ngasih gw beberapa saran, dan beberapa anjuran buat beli di produk apa. Dia nyaranin gw buat beli di sektor infrastruktur dan sistemnya Auto Invest, lho..knp gak di sektor tambang?? *dipikiranGw* Alasan dia cukup masuk akal dan bisa gw terima. :p
Dia bilang sih..2013 ini kan TDL (tarif dasar listrik) bakalan naik tuh, jadi rata2 investor lebih beralih ke sektor infrastuktur, yang lebih stabil. Baiklaahh..akhirnya gw mutusin buat beli yg di sektor infrastruktur. Sebenernya banyaakk banget produk2 reksadana yang ada di commonwealth, maklum lahh bank kuning item itu emang seperti supermarketnya reksadana. Ada juga lho yang Syariah, lumayan bervariasi juga returnnya. Yaa..walaupun return syariah lebih kecil biasanya dibanding yang saham-saham yang lain, paling nggak lebih tinggi dari bunga deposito. :p Tinggal diliat aja perkembangannya, klo liat dari portofolio tahun2 sebelumnya return hasilnya kurang lebih 15 - 25% per tahun.

Udah gitu yaa..enaknya dibank ini ada fasilitas buat beli lewat internet banking (manual), diskon 50%pulak biaya administrasinya.. *nambahSemangat* :p Buat pegangan aja, kalo mau beli liat2 dulu perkembangannya di invovesta. Kita lihat pertumbuhan di akhir tahun ini, dan lanjutt sampe tahun-tahun berikutnya. Maklum.. buka reksadana ini tujuannya buat dana pensiun. :p


Selamat Berinvestasi :)

10 comments:

  1. Salam kenal mba,, beli reksadana nya untuk yang berapa tahun mba?? terus sekarang uda ada returnnya berapa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jg mba :)

      Saya beli reksadana untuk dana pensiun (jangka panjang), karena saya baru mulai awal tahun 2013 kmaren, returnnya blm signifikan mba. Tp lumayan dibanding nabung biasa :)

      Delete
  2. salam mbak, saya memang lagi berniat untuk bermain di reksadana, guna untuk dana di masa depan, buat rumah dan lain lain, untuk di common wealth, untuk mulai bermainya disana kita buka rekeningnya minimal 500 rb khan yah.. nah kemudian apakah kita bisa start untuk bermain ? kemudian, untuk withdrawnya sendiri, apakah bisa via online atau harus datang ke banknya untuk manual withdraw ?

    kemudian, jika boleh tau, per bulan mbak mendapatkan bunga berapa ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mas Marvin,

      iya betul untuk buka rek min 500rb. Setelah itu boleh langsung bermain kok, bebas pilih apa aja, tp awalnya buka RD memang harus nemuin personal banker nya dl. Tp setelah transaksi awal, kita bisa withdrawl pake ibanking. Dulu lebih enak, saat belinya bisa lgsk 'klak klik' tp skrg tiap mau beli RD baru, kita hrs dtg ke cabang. Utk return per thn beda2 mas, krn pergerakannya naik turun. tp gak kurang dari 10% kok. Semoga jelas ya informasi dr saya. Maaf kalau balesnya lama.

      Delete
  3. Salam kenal mba.. , ambil tipe reksadana apa ya mba.. klo saya yg pemula may autoinnvest 200 -300 rb buat reksadana campuran ada ga mba? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, salam kenal jug ya :)

      Kalo aku ambil reksadana saham mba. Di Commbank ada jg kok yg campuran, coba deh datengin ke cabang terdekat. Selamat berinvestasi ya :)

      Delete
  4. permisi mbak mau nanya..
    saya berminat mau investasi reksadana. saya kan statusnya msh mahasiswa nih, dan cuma punya rekening tabungan taplus mahasiswa (tapma). apa bisa itu dipake buat reksadana? atau kalo saya buka tabungan bni syariah misalnya, bisa gak dipake untuk invest reksadana? satu lagi, kira2 yg cocok utk mahasiswa reksadana yg mana ya mbak?
    maaf banyak nanya mbak hehehe blm tau apa2 ttg investasi. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Desreza,
      Sorry for late reply ya :)

      Kalau kamu mau buka reksadana ada beberapa cara:
      1. Yg lewat bank, itu bisa ke Bank yg menyediakan beberapa reksadana (supermarket reksadana) salah satu contoh nya yg sudah saya gunakan yaitu di Commonwealth Bank.
      2. Bisa ke Sekuritas, seperti IPOTFUND ( https://www.indopremier.com/ipotfund/ ), Dana Reksa, dll

      Kalau cara 1, kamu bisa sekalian nabung di bank tsb.

      sedangkan jika cara 2, biasanya sekuritas menunjuk salah satu Bank yg punya Rekening Efek, dan nanti kamu bisa gunain buat transaksi jual beli Reksadana, biasanya dinamakan RDI (Rekening Dana Investor).

      Jika kamu sdh punya rekening sebelumnya diselain bank tsb, biasanya kamu hanya butuh transfer dari rek kamu ke rekening reksadana kamu. Mudah2an jelas ya :)
      Selamat berinvestasi :)

      Delete
  5. Mba mau tanya sekarang tahun 2017, bagaimana perkembangan reksadana saham yg mba punya setelah 4 tahun berapa return rata2 per tahun. Supaya jd bahan pertimbangan bagi saya. Thx.

    ReplyDelete
  6. Kalau reksadana saham agak ngeri juga blm tentu tahan nunggu 10-15 tahun, saya lbh pilih reksadana yg di tengah2 aja yaitu reksadana pendapatan tetap. Dan satu lagi kalau reksadana apakah boleh dibiarkan saja di RDI bertahun-tahun tanpa pernah top up. Thx.

    ReplyDelete